Friday, February 24, 2012

Tips Membeli Amplifier yang Baik | Irfan


tips-memilih-amplifier.jpgMusik, musik dan musik. jika denger kata musik pasti bisa ngebayangin banyaknya peralatan elektronik yang di gunakan. nah salah satunya Amply. Alat yang bisa menstabilkan tegangan untuk sound system. Jika loe merasa musisi, coba-coba beli alat-alat sendiri dengan menentekunya sendiri. 
Untuk itu ada tips yang perlu di cermati untuk membeli amply :
1. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan loe. 
- Untuk penggunaan pribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts. Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack Head Phone ( misal : Amplifier Guitar Laser 20 ) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam.
- Jika amplifier tersebut akan loe gunakan untuk berlatih bersama dalam suatu group band lengkap dengan drum dan alat band, maka sebaiknya loe memilih amplifier yang berdaya 70 watt atau diatasnya. Agar suara yang dihasilkan dari amplifier tersebut tidak akan tenggelam oleh bunyi dentum dan hentakan beat drum.
- Dan untuk penggunaan diatas panggung, loe akan memerlukan daya yang lebih besar, sedikitnya 125 watt atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus loe gunakan sebagai monitor dari instrumen musik yang sedang loe mainkan.

2. Pilihlah fasilitas yang loe perlukan.

Jangan membeli amplifier yang memiliki fasilitas yang sebenarnya tidak loe butuhkan, apalagi jika hal tersebut menambah harga yang harus loe bayar. Kecuali bila dengan harga yang sama loe bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik, maka tidak ada salahnya loe memilihnya.
3. Pilih amplifier yang berkualitas baik. 
Bila loe membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sebaiknya untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna asli yang dihasilkan oleh keyboard tersebut (flat).
Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah. (low bass) atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble).
Untuk amplifier Electric Guitar dan Electric Bass hal ini (karakteristik flat) tidak berlaku karena khusus untuk kedua jenis instrument ini diperlukan kekhususan karakter frekuensinya. Pada dasarnya untuk amplifier Electric Guitar tidak dipelukan keluaran untuk frekuensi yang rendah dan yang tinggi. Untuk Electric Bass diperlukan frekuensi yang rendah, tetapi tidak diperlukan frekuensi yang tinggi.

4. Model dan penampilan amplifier dapat menjadi pertimbangan terakhir. 

Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model yang bagus menurut loe, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnya. Pada kebanyakan musisi profesional model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier tentunya. [rch-sound.com]
 selamat membeli Amply

No comments:

Post a Comment

Post a Comment